Bab III Pewarisan Sifat

Pewarisan Sifat Pada Manusia

Tujuan Pembelajaran : Siswa Dapat Mengetahui Pewarisan Sifat pada Manusia

A. Pengertian

Keanekaragaman pada makhluk hidup di bumi ini adalah hasil dari pewarisan sifat makluk hidup satu dan lainnya. Istilah dalam penurunan sifat bagi antar makhluk ialah genetika dan hereditas. Hereditas ialah induk yang mewarisi bersifat genetika berikutnya, sementara genetika ialah bagian dari beberapa cabang ilmu biologi dengan membahas tentang hereditas.

Warisan atau keturunan adalah penurunan sifat orang tua versus keturunan mereka (anak-anak). Fitur bawaan ini dapat berupa apa saja. Misalnya, warna kulit berpindah dari satu orangtua ke anak mereka, atau ukuran yang diturunkan dari orangtua ke anak mereka. Studi tentang pewarisan disebut genetika. Warisan ini dikendalikan oleh materi genetik, yaitu gen dan kromosom. Teori genetika adalah hasil pemikiran oleh G. Johann Mendel (1822-2884) dan sekarang dikenal sebagai teori Mendel (hukum Mendel), sehingga ia mendapat julukan sebagai Bapak Genetika.

1). Genetika

Morgan adalah seorang ahli genetika yang menyatakan bahwa gen adalah faktor keturunan makhluk hidup ada di dalam lokus, yang mana lokus ini ada di dalam kromosom. Secara umum gen yang ada pada kromosom mempunyai susunan yang rapi berderet linier lurus. Setiap gen dengan susun rapi mempunyai rentang waktu dan tugas berbeda. Contohnya adalah ada gen yang memperlihatkan reaksinya ketika embrio, ada juga yang menunjukkan reaksinya di masa kanak-kanak hingga ketika dewasa.

Contohnya disini ialah sebagai berikut :

T = simbol gentika yang dipakai guna tanaman yang tinggi
t = simbol genetika yang dipakai guna tanaman yang rendah

Namun, pada tanaman yang mempunyai sifat diploid simbolnya yang ditulis dengan huruf dobel, nah contohnya disini ialah sebagai berikut :

TT : simbol sebagai tanaman yang tinggi
tt : simbol sebagai tanaman yang rendah

Gambar 1.1 Genetika Keturunan pada Ibu dan Bapak
Sumber Gambar
https://www.biology.co.id/pewarisan-sifat-pada-manusia-terlengkap/

2). Kromosom

Kromosom memiliki benang halus yang saling berhubungan panjang dan pendek. Benang kromosom sebagai retikulum kromatin (jala halus), sementara kroma berarti warna dan tin berarti badan. Tugas dari kromosom ialah membawa informasi genetik guna keturunannya. Ukuran kromosom ini sangat kecil jadi melihatnya harus menggunakan mikroskop. Hasil dari pengamatan, menyimpulkan bahwa sel aktif yang melaksanakan metabolisme, kromosom dapat memanjang namun tidak terlalu terlihat sementara saat sel melakukan pembelahan maka kromosom memendek dan menebal.

Secara umum kromosom dibagi menjadi 2, yakni sentromer serta lengan kromosom. Sentromer adalah bagian kromosom sebagai pembawa kromosom menuju bagian kutub sel dengan berlawanan arah ketika proses pembelahan sel. Sementara lengan kromosom adalah bagian penting kromosom yang ada benang halus saling terikat (disebut sebagai kromonema).

Jumlah kromosom pada setiap individu berbeda-beda. Contohnya disini ialah pada manusia berjumlah 46 kromosom disetiap inti sel, dimana 23 kromosom tersebut didapatkan dari ibu serta 23 sisanya diperoleh dari sang ayah. Jumlah kromosom yang ada dalam suatu sel bernama diploid (2n) dan juga kromosom yang ada dalam sel kelamin bernama hiploid (n).

Pada manusia, kromosom dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

1). Autosom
Autosom, atau kromosom, mengatur karakteristik tubuh. Ada 22 pasang kromosom tubuh (autosom) atau 44 di antaranya. Kromosom tubuh pada individu pria dan wanita memiliki sifat dan bentuk yang sama.

2). Allosome
Kromosom seks pada pria dan wanita memiliki sifat dan bentuk yang berbeda. Pada pria, simbol untuk kromosom seks (gonosome) adalah XY.

Yuk Latihan Soal !

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar di bawah ini !

1). Studi yang mempelajari tentang pewarisan sifat disebut ….

A. Geologi

B. Geotika

C. Genetika

D. Grafika

2). Di bawah ini yang termasuk tugas dari kromosom adalah ….

A. Membawa informasi genetik guna keturunannya

B. Membawa sel-sel keturunan

C. Memperbaiki keturunan

D. Melindungi keturunan

Sumber : https://www.biology.co.id/pewarisan-sifat-pada-manusia-terlengkap/




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *